TIPS INGIN KURUS

Sudah mencoba berbagai program diet, tetapi jarum timbangan tak juga bergeser? Mungkin Anda perlu pindah ke dataran tinggi. Studi awal menunjukkan bahwa berpindah ke dataran tinggi efektif mengurangi berat badan. Secara mengejutkan, berat badan 20 responden yang obesitas turun secara signifikan setelah mereka diminta para peneliti untuk tinggal di daerah pegunungan selama beberapa minggu. Para ahli sejak lama telah mengetahui tinggal di dataran tinggi berkaitan dengan penurunan berat badan. Namun studi tersebut melibatkan para pendaki atau pemain ski yang aktif secara fisik.

“Kami ingin melihat apakah tinggal di dataran tinggi bisa mengurangi berat badan meski tidak ada perubahan dalam aktivitas fisik atau pola makan,” kata Florian J Kippl, MD, ketua peneliti.

Para responden dalam penelitian ini berusia sekitar 56 tahun dan semuanya obesitas (Nilai BMI-nya 34) dan memiliki risiko terkena penyakit jantung dan diabetes akibat bobot tubuh yang berlebihan.

Para responden yang semula tinggal di Kota Munich, Jerman, ini kemudian dipindahkan ke wilayah pegunungan tertinggi di Jerman, The Zugspitse, dengan ketinggian 8.700 kaki. Mereka menghabiskan waktu selama seminggu di tempat itu.

Selama di gunung, tidak ada larangan untuk makanan atau minuman yang dikonsumsi. Akan tetapi, olahraga yang boleh dilakukan hanya berjalan kaki di dalam rumah. Asupan makanan dan skala kegiatan para responden terus dimonitor. Sebulan setelah para responden kembali ke rumah masing-masing, mereka juga menjalani serangkaian pemeriksaan fisik.

Selama berada di gunung, berat badan para responden turun sebanyak 1,5 kg. Mereka memang makan lebih sedikit kalori, tetapi para peneliti mengatakan bahwa itu bukanlah faktor utama. Ternyata selama di daerah pegunungan mereka lebih aktif secara fisik ketimbang saat berada di rumah. Sebulan setelah penelitian itu pun para responden masih aktif bergerak dan turun beberapa kilogram lagi.

Peneliti mengatakan, berada di dataran tinggi meningkatkan metabolisme dan membuat mereka merasa lebih bersemangat untuk olahraga. “Kami belum mengerti penyebabnya, tetapi untuk orang yang kegemukan, olahraga adalah sesuatu yang berat. Namun, saat berada di pegunungan, kemampuan fisik mereka meningkat,” kata Lippl.

Dia mengatakan akan melakukan penelitian lanjutan di daerah pegunungan di wilayah Italia. Data menunjukkan, daerah Colorado merupakan dataran tertinggi di Amerika Serikat. Di sana, jumlah orang yang mengalami obesitas terhitung yang paling rendah. Kompas.com

Posted on Februari 5, 2010, in health and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: