Tips Atasi Rambut Rontok

Normalnya sekitar 100 helai rambut rontok setiap harinya, tapi akan segera tumbuh lagi pada folikel yang sama. Namun, berbagai hal menyebabkan rambut tidak bisa tumbuh lagi sehingga menimbulkan kebotakan.

Hal-hal yang bisa menyebabkan rambut rontok berlebihan adalah faktor keturunan, hormon, usia, stres, gangguan kulit kepala atau penyakit serius, syok, melahirkan, konsumsi obat berlebihan, terkena bahan kimia yang merugikan, pola makan salah, dan kurang nutrisi.

Sayangnya, sampai saat ini belum ada cara yang efektif untuk mengobati semua jenis kerontokan rambut. Namun, sejumlah obat bisa memperlambat rontoknya rambut dan operasi penanaman kembali rambut juga memberikan hasil yang cukup memuaskan.

Yang jelas, untuk mendapatkan rambut yang tebal dan indah, Anda memerlukan nutrisi lengkap setiap harinya. Karena rambut terbuat dari protein, makanan yang banyak mengandung protein amat penting untuk kesehatan rambut.

Makanan Anda harus mengandung protein minimal 100 gram setiap harinya. Anda bisa mendapatkan protein dari susu, mentega, yoghurt, kedelai dan produk turunannya, telur, keju, daging, dan ikan.

Kekurangan vitamin A, B, B6, B12, folic acid, biotin, zat besi, copper, dan iodine juga bisa menyebabkan rambut rontok dan beruban. Kekurangan inositol juga berpengaruh sama. Inositol terdapat pada ragi, hati, dan tetes tebu.

Berikut ini sejumlah tip yang berguna untuk menyuburkan rambut, tapi tak bisa menolong jika penyebab utama seperti penyakit dan stres tidak dihilangkan lebih dahulu.

1.  Sediakan suplemen vitamin B kompleks, protein, dan Silica untuk berjaga-jaga jika makanan Anda tidak mengandung cukup nutrisi tersebut.

2.  Tidur cukup dan jalani pola makanan seimbang.

3.  Pijat-pijat kulit kepala setiap usai keramas. Ini akan mengaktifkan kelenjar minyak dan memperlancar peredaran darah di kulit kepala, sehingga rambut menjadi lebih sehat.

4.  Usapkan santan kelapa pada kulit kepala dan rambut, pijat-pijat dengan lembut. Kemudian bilas sampai bersih. Santan kelapa membantu mendorong pertumbuhan rambut.

5.  Jus yang terbuat dari pisang, madu, yoghurt dan susu rendah lemak banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan rambut.

6.  Kelola stres dengan baik dan lakukan gaya hidup hidup sehat.

(kompas.com)

Posted on Januari 6, 2010, in TIPS. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: