KAJIAN USAHA KOPERASI

Koperasi merupakan suatu bentuk usaha dimana anggota-anggotanya membentuk suatu negara untuk mencapai tujuan dalam hubungannya dengan kegiatan perekonomian. Bentuk kerjasama antar sesama harus mempunyai kesamaan kebutuhan dan sama-sama mengusahakan kebutuhan sehari-hari, baik itu kebutuhan sehari-hari, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan perusahaan, kebutuhan organisasi dan lain-lain. Sebagai negara berkembang, seperti negara Indonesia munculnya koperasi sudah sejak tahun 1896-an, yang pada waktu itu masih berada  di dalam daerah jajahan Belanda.

Pada saat ini koperasi khususnya KUD yang banyak berkecimpung dalam bidang pertanian keadaannya kurang baik. KUD banyak yang terhenti usahanya karena modal yang kecil dan susahnya mencari tambahan modal dari bank. Hal itu diperparah dengan sikap anggota dan pengurusnya yang mengelola koperasi secara kurang terkoordinir. Penyelewengan dana dan kredit macet petani semakin memperburuk keadaan usaha KUD. Pengelolaan dan manajemen yang diisi oleh sumber daya manusia yang berpendidikan rendah mengakibatkan usaha yang dijalankan kurang lancar. Persaingan-persaingan dengan lembaga ekonomi lain menurunkan daya saing KUD untuk tetap hidup dengan usaha yang digelutinya.

Kesempatan besar yang dimiliki KUD dalam rangka mendukung ekonomi negara secara makro mendorong upaya pengembangan dan peningkatan kualitas dan kuantitas KUD. Untuk itulah diperlukan pengkajian dan analisis lebih lanjut mengenai keanggotaan, manajemen, sistem informasi manajemen, permodalan, organisasi, usaha, serta perencanaan dan pengembangan KUD. Hal itu dilakukan supaya dapat diketahui lebih dalam lagi tentang KUD sehingga dapat menentukan kebijakan yang tepat yang akan mendorong peningkatan peran KUD dalam kegiatan ekonomi.

Faktor utama dari terbentuknya koperasi adalah telah adanya sekelompok orang yang memiliki kesamaan tujuan serta kesepakatan untuk bekerja sama, sehingga landasan berdirinya suatu koperasi terletak kepada anggota-anggotanya. Sehingga dari dasar tersebut tujuan dari berdirinya suatu koperasi adalah untuk memajukan dan melayani kepentingan ekonomi dari anggotanya. Koperasi juga terbentuk akibat adanya penindasan dan penghisapan dari yang kuat kepada yang lemah, sehingga dalam koperasi juga akan tampak menonjol adanya suatu sikap membela diri dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Sebagai seorang mahasiswa diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang hal-hal dan berbagai kendala yang sedang dihadapi oleh koperasi. Oleh karena itu praktikum koperasi pertanian dapat diharapkan menjadi suatu media bagi mahasiswa untuk dapat mengetahui permasalahan yang sebenarnya terjadi dalam koperasi sehingga dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap kondisi permasalahan yang ada.

DOWNLOAD LAPORAN FULL KLIK DI SINI

Posted on Januari 5, 2010, in ARTIKEL. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: