jenjang Penyuluh pertanian dan Wilayah Kerja Penyuluhan Pertanian

Penyuluh pertanian adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang pada satuan organisasi lingkup pertanian untuk melakukan kegiatan penyuluhan pertanian (Departemen Pertanian, 1999). Para penyuluh pertanian bersama-sama dengan para petani yang dibimbingnya harus dapat mengadakan pembaharuan dalam usahatani di pedesaan, dari sistem pertanian tradisional menjadi modern. Sifat usahatani yang sekadar mencukupi keperluan hidup berubah menjadi usahatani komersial, petani yang pasif menjadi petani yang dinamis dengan gerakannya yang progresif, pertanian yang terbelakang menjadi pertanian yang maju atau modern.

Berdasar jabatan fungsional, penyuluh pertanian terdiri atas Penyuluh Pertanian Lapangan, Petugas Penyuluh Urusan Programa dan Penyuluh Pertanian Spesialis. Sedangkan menurut jenjang kepangkatan, penyuluh pertanian dibedakan menjadi penyuluh pertanian terampil dan ahli. Penyuluh pertanian terampil adalah pejabat fungsional yang dalam pelaksanaan pekerjaannya mempergunakan prosedur dan teknik kerja tertentu. Sedangkan penyuluh pertanian ahli adalah pejabat fungsional yang dalam pelaksanaan pekerjaannya didasarkan atas disiplin ilmu pengetahuan, metodologi dan teknik analisis tertentu.

Seiring dengan diberlakukannya otonomi daerah, penyelenggaraan penyuluhan pertanian mengikuti aspek-aspek perencanaan wilayah, kelembagaan, ketenagaan, program, manajemen, dan pembiayaan menjadi kewenangan bersama pemerintah, propinsi, kabupaten/kota, petani dan swasta. Wilayah kerja penyuluhan pertanian dipengaruhi oleh administrasi pemerintahan atau berdasarkan topografi. Di samping itu, untuk menunjang keberhasilan pembangunan pertanian, spesialisasi dari penyuluhan pertanian disesuaikan dengan kebutuhan dari berbagai wilayah pembangunan pertanian.

untuk lebih jelasnya silahkan download di dini

Posted on Januari 4, 2010, in ARTIKEL and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: